Kali ini saya akan merangkum semua tugas dari Minggu 1 sampai minggu 4.
1. Minggu Pertama
- Flight Simulator merupakan pemanfaatan simulasi grafik di bidang kedirgantaraan/penerbangan yang merupakan suatu sistem dimana untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang hampir mendekati kenyataan sebenarnya namun berbeda dengan simulasi penerbangan yang biasa dalam permainan komputer.
- Contoh Failed Simulation yang menyebabkan kematian salah satunya adalah Kecelakaan Singapore Airlines Penerbangan 006 ( Changi International Airport – Los Angles International Airport, via Chiang Kai-Shek Airport , Taiwan). karena pada kasus ini, diceritakan bahwa penyebab kecelakaan tersebut disebabkan oleh kekeliruan Pilot dalam melihat benda didepannya ketika hujan badai (Human error yang sebelumnya dalam simulasi tidak terjadi demikian).
- Wajib tidaknya seorang IT (pembuat software) mengunakan simulasi guna untuk pembuatan software sebelum dilempar ke massa itu menurut saya pribadi sih relative. Tergantung sebagaimana kompleksitas suatu software dan sebagaimana dampaknya terhadap manusia. Jika software tersebut kompleksitasnya tinggi dan dampak nya dianggap membahayakan manusia, saya rasa itu wajib, karena dengan menggunakan simulasi, berarti bisa mengurangi dampak bahayaf bagi manusia supaya tidak terjadi kendala dalam berbagai aspek. Jika sekiranya software tersebut kompleksitasnya rendah dan tidak begitu berpengaruh terhadap manusia, saya rasa jika menggunakan simulasi boleh saja dan jika tidak digunakan pun tidak apa apa.
2. Minggu Kedua
- Visual Teknologi merupakan sebuah sarana teknologi yang dapat di-visualisasikan (dilihat dan digambarkan) oleh manusia dan berguna bagi kelangsungan hidup manusia. contohVisual teknologi dalam media online yang saya pakai adalah Youtube dan Google+.
- Hawk-Eye (mata elang) adalah sebuah sistem komputer yang kompleks yang digunakan dalam kriket, tenis dan olahraga lainnya untuk melacak visual lintasan bola dan menampilkan catatan statistik jalannya bola yang paling mungkin sebagai gambar bergerak dalam kriket, tennis, dan olahraga lainnya. Teknologi Hawk-Eye dalam olah raga tennis ini berfungsi untuk merekam lintasan bola meskipun dalam kecepatan yang sangat tinggi. beberapa kamera yang berada di sekeliling lapangan bertugas untuk merekam pergerakan bola di lapangan. Sistem akan mengolah data dengan cepat dari kamera-kamera tersebut. Data yang dikirimkan berupa gambar lapangan yang telah dirumuskan dengan aturan permainan tenis.
- Budaya berpengaruh terhadap grafik. Karena budaya masing masing daerah dan waktu itu berbeda. sebagai contohnya, grafik budaya Indonesia berbeda dengan budaya China, Jepang ,dan lain lain. Indonesia memiliki grafik yang identik dengan batik, sedangkan budaya China itu identik dengan hewan seperti Naga, Macan, dll. dan Jepang memiliki grafik yang identik dengan Anime dan Manga yang biasa kita kenal dengan Japan Pop Culture
3. Minggu Ketiga
- HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
- Untuk mengetahui apakah suatu website menggunakan HTML 4 atau lima adalah sebagai berikut: Masuk ke website yang diinginkan, >>>tekan "CTRL + U" untuk melihat source code pada website tersebut. >>> kemudian tekan "CTRL+F" dan ketik HTML4 atau HTML5. jika ditemukan tulisan HTML4 pada source code website tersebut, maka website tersebut menggunakan HTML4. Jika ditemukan Tulisan HTML5, maka website tersebut menggunakan HTML5. Namun, jika keduanya tidak ditemukan, maka website tersebut tidak menggunakan HTML4 maupun HTML5.